Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi pada Topik Konduktor dan Isolator Panas di Kelas V Sekolah Dasar

Sari, Made Ratna Permata (2021) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi pada Topik Konduktor dan Isolator Panas di Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031102-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031102-ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031102-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031102-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031102-LAMPIRAN.pdf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan dan menghasilkan media video pembelajaran berbasis demonstrasi pada topik konduktor dan isolator panas di kelas V sekolah dasar yang sudah teruji validitasnya. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 2 orang praktisi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada subjek uji coba. Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas media yang dikembangkan adalah rating scale dengan skala 4. Data hasil penilaian yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media. Rata-rata skor validitas media video pembelajaran berbasis demonstrasi dari segi ahli materi sebesar 3,92 dengan kualifikasi sangat baik, dari segi ahli media sebesar 3,78 dengan kualifikasi sangat baik, dan dari segi praktisi sebesar 3,78 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, media video pembelajaran berbasis demonstrasi pada topik konduktor dan isolator panas di kelas V sekolah dasar dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, demonstrasi, konduktor dan isolator panas.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: MADE RATNA PERMATA SARI
Date Deposited: 10 Jul 2021 09:44
Last Modified: 10 Jul 2021 09:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6401

Actions (login required)

View Item View Item