Kusumayanti, Ni Putu Martika (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI EDUKATIF PADA MUATAN IPA TOPIK EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 2 KALIBUKBUK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031087-COVER.pdf Download (503kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031087-ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (446kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031087-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031087-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (364kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031087-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prototype pengembangan media pembelajaran monopoli edukatif dan menghasilkan media pembelajaran monopoli edukatif yang teruji validitasnya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan desain, 2 orang praktisi, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan dan 6 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan penyebaran instrumen rating scale berskala 4. Data hasil penilaian yang diperoleh dianalisis dengan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor. Rata-rata skor dari ahli materi, ahli media, ahli desain, praktisi, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil secara berturut-turut yaitu sebesar 3,79, 3,86, 3,78, 3,70, 3,80 dengan kualifikasi sangat baik/layak. Sehingga secara keseluruhan validitas media pembelajaran monopoli edukatif berada pada rentangan 3,25 < x < 4,00 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut media pembelajaran monopoli edukatif pada muatan IPA topik ekosistem layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | monopoli edukatif, ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU MARTIKA KUSUMAYANTI |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 00:26 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 00:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6414 |
Actions (login required)
View Item |