Pengembangan Video Pembelajaran Menulis untuk Siswa Kelas I SD

Wiratsari, Kadek Tatanika (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Menulis untuk Siswa Kelas I SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031039-COVER.pdf

Download (686kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031039-ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031039- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17110311039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031039-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siswa kelas rendah masih kesulitan dalam menulis, keterlambatan menulis dapat menghambat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan pengembangan produk video pembelajaran menulis untuk siswa kelas I SD dan mengembangkan video pembelajaran menulis untuk siswa kelas I SD dan mengembangkan video pembelajaran menulis untuk siswa kelas I SD yang teruji validitasnya. Penelitian ini mengacu pada prosedur model pengembangan ADDIE. Namun, karena keterbatasan waktu, tenaga, sumber daya, dan finansial maka penelitian ini tidak melaksanakan tahap implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 2 praktisi. Objek penelitian ini adalah validitas video pembelajaran menulis. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada dua orang dosen ahli media, dua dosen ahli materi, dan dua orang guru kelas I SD. Data hasil validasi dari para ahli kemudian dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas video pembelajaran menulis. Hasil analisis menunjukan bahwa rata-rata skor validasi video pembelajaran menulis yakni 4.44 dengan kualifikasi sangat baik dan rata-rata skor validasi materi video pembelajaran menulis yakni 4.06 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, video pembelajaran menulis untuk siswa kelas I SD dinyatakan valid dan memiliki kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video pembelajaran, menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Tatanika Wiratsari
Date Deposited: 15 Jul 2021 09:55
Last Modified: 15 Jul 2021 09:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6420

Actions (login required)

View Item View Item