Adnyani, Ni Luh Made (2021) PENGEMBANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERORIENTASI TAKSONOMI BLOOM REVISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031153-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031153-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031153-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (502kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031153-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031153-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031153-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031153-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031153-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (433kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031153-LAMPIRAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi untuk mengingkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian pengembangan ini yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap (1) pendefinisian (difine), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), dan (4) penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Objek uji validasi dalam penelitian yaitu validitas aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi yang telah dikembangkan. Sampel dalam peneletian ini adalah 50 orang siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non tes berupa kuesioner dan metode tes. Instrument yang digunakan untuk mengetahui validitas aktivitas pembelajaran adalah rating scale dengan rentang 1-5 untuk diberikan penilaian oleh 4 orang ahli isi. Data hasil validasi dari empat ahli isi kemudian dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validasi isi aktivitas pembelajaran. hasil analisis diperoleh rata-rata skor validasi isi aktivitas pembelajaran yaitu 4,70 dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil analisis menunjukan bahwa aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi layak dikembangkan. Hasil perolehan rata-rata skor kelas eksperimen yaitu sebesar 31,63 dan hasil perolehan skor rata-rata kelas kontrol yaitu sebesar 20. Berdasarkan hasil analisis tersebut, penerapan aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Pembelajaran, Taksonomi Bloom Revisi, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Made Adnyani |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 01:16 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 01:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6428 |
Actions (login required)
View Item |