Resmita, Dinda Novia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI 4 DALUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031160-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031160-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031160-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (453kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031160-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031160-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031160-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031160-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031160-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031160-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran gambar berseri berbasis kontekstual pada pokok bahasan menulis karangan narasi, dan (2) untuk mengetahui validitas media pembelajaran gambar berseri berbasis kontekstual pada pokok bahasan menulis karangan narasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Dalung. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa rancang bangun media ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan karakteristik siswa, menganalisis kebutuhan pembelajaran, dan menganalisis kebutuhan media pembelajaran serta melakukan analisis lingkungan sekolah untuk memastikan ketersediaan alat penunjang dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Tahap berikutnya yaitu tahap perancangan atau design, pada tahap ini membuat rancangan pembelajaran seperti membuat storyboard. Tahap selanjutnya yakni tahap pengembangan yang diawali dengan pengembangan RPP, dan pengembangan perangkat pembelajaran berupa media pembelajaran gambar berseri. Validitas hasil pengembangan media pembelajaran gambar berseri dilakukan dengan menyebarkan pernyataan berupa lembar kuesioner atau angket menurut penilaian dari ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji coba perorangan. Adapun hasil dari uji validitas tersebut yakni (1) ahli isi mata pelajaran yang dilakukan memperoleh hasil persentase sebesar 90% yang berada pada kategori sangat baik. (2) Ahli desain pembelajaran memperoleh hasil persentase sebesar 93% yang berada pada kategori sangat baik. (3) Ahli media pembelajaran perolehan hasil persentase sebesar 92% yang berada pada kategori sangat baik, (4) Uji coba perorangan secara keseluruhan yang dicapai adalah sebesar 93% dan berada pada kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Gambar Berseri, Pendekatan Kontekstual, Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia, Pokok Bahasan Menulis Karangan Narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dinda Novia Resmita |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 01:21 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6431 |
Actions (login required)
View Item |