Manuarti, Ni Komang Sri Adnyani (2021) Pengembangan Media Puzzle Materi Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV di SD Nomor 2 Bongkasa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031078-COVER.pdf Download (820kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031078-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031078-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031078-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031078-LAMPIRAN.pdf Download (26MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi dan kebutuhan media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan validitas pengembangan media puzzle. Model penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Impelemtation, Evaluation). Uji produk dilakukan oleh beberapa ahli yaitu ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji coba perorangan. Jenis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner/angket. Adapun hasil validasi produk media puzzle pada muatan pelajaran IPA yang diperoleh dari beberapa ahli diantaranya: (1) hasil persentanse yang diperoleh dari ahli materi adalah (97,5%) dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil persentase dari ahli desain pembelajaran adalah (83,33%) dengan kualifikasi baik, (3) hasil persentase dari ahli media pembelajaran adalah (82,5%) dengan kualifikasi baik, dan (4) hasil persentase dari uji coba perorangan adalah (92,48%) dengankualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media puzzle layak digunakan pada materi struktur dan fungsi bagian-bagian tumbuhan pada muatan pelajaran IPA kelas IV di SD Nomor 2 Bongkasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media puzzle, IPA, model ADDIE, struktur bagian tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Sri Adnyani Manuarti |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 00:50 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 00:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6449 |
Actions (login required)
View Item |