Widiastiningsih, Ni Luh Putu (2021) Pengembangan Instrumen Pengetahuan Prosedural pada Siswa Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan ganesha.
Text (COVER)
1711031149-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031149-ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031149-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (446kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031149-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031149-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031149-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031149-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031149-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031149-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prototype instrumen pengetahuan prosedural pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, 2) mengetahui validitas instrumen pengetahuan prosedural pada siswa kelas IV Sekolah Dasa, dan 3) mengetahui reliabilitas instrumen pengetahuan prosedural pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan memakai model R&D dengan pengelompokan tahapan menjadi empat, yaitu: (1) Analisis kebutuhan dan merumuskan tujuan, (2) Merancang instrumen pengetahuan prosedural, (3) Mengembangkan instrumen pengetahuan prosedural, dan (4) Mengimplementasikan serta mendiseminasikan instrumen pengetahuan prosedural. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD di Kabupaten Gianyar. Dalam penelitian ini digunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel akhir sebanyak 163 siswa. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pilihan ganda kepada siswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) prototype pengembngan instrumen pengetahuan prosedural dilakukan dengan empat tahapan, (2) Instrumen pengetahuan prosedural dinyatakan valid dengan kriteria γpbi > rtabel 5%, (3) Instrumen pengetahuan prosedural dinyatakan memiliki reliabilitas (0,934). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen pengetahuan prosedural pada siswa kelas IV SD seKabupaten Gianyar telah memenuhi kriteria valid dan reliabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengetahuan prosedural, pengembangan, model R&D |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH PUTU WIDIASTININGSIH |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 07:01 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 07:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6462 |
Actions (login required)
View Item |