Pengembangan Instrumen Pengetahuan Prosedural pada Siswa Kelas IV SD

Widiastiningsih, Ni Luh Putu (2021) Pengembangan Instrumen Pengetahuan Prosedural pada Siswa Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031149-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031149-ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031149-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031149-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031149-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031149-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031149-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031149-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031149-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prototype instrumen pengetahuan prosedural pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, 2) mengetahui validitas instrumen pengetahuan prosedural pada siswa kelas IV Sekolah Dasa, dan 3) mengetahui reliabilitas instrumen pengetahuan prosedural pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan memakai model R&D dengan pengelompokan tahapan menjadi empat, yaitu: (1) Analisis kebutuhan dan merumuskan tujuan, (2) Merancang instrumen pengetahuan prosedural, (3) Mengembangkan instrumen pengetahuan prosedural, dan (4) Mengimplementasikan serta mendiseminasikan instrumen pengetahuan prosedural. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD di Kabupaten Gianyar. Dalam penelitian ini digunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel akhir sebanyak 163 siswa. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pilihan ganda kepada siswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) prototype pengembngan instrumen pengetahuan prosedural dilakukan dengan empat tahapan, (2) Instrumen pengetahuan prosedural dinyatakan valid dengan kriteria γpbi > rtabel 5%, (3) Instrumen pengetahuan prosedural dinyatakan memiliki reliabilitas (0,934). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen pengetahuan prosedural pada siswa kelas IV SD seKabupaten Gianyar telah memenuhi kriteria valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan prosedural, pengembangan, model R&D
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH PUTU WIDIASTININGSIH
Date Deposited: 13 Jul 2021 07:01
Last Modified: 13 Jul 2021 07:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6462

Actions (login required)

View Item View Item