An Investigation of Reading Learning Process in Grade 10 SMK Negeri 3 Singaraja Assisted by Mobile Applications in EFL Context

Kusuma, Nata (2019) An Investigation of Reading Learning Process in Grade 10 SMK Negeri 3 Singaraja Assisted by Mobile Applications in EFL Context. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstract-1512021003.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan-1512021003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB 2 Kajian Pustaka & Landasan Teori-1512021003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 Metodologi Penelitian-1512021003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 Hasil dan Pembahasan-1512021003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 Penutup- 1512021003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka- 1512021003.pdf

Download (332kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran-1512021003.pdf

Download (2MB)
[img] Text (COVER)
Cover-1512021003.pdf

Download (792kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati penerapan strategi Pembelajaran Bahasa Melalui Mobilisasi (MALL) dengan memanfaatkan aplikasi pada handphone dalam proses pembelajaran bahasa di sekolah menengah atas serta untuk menemukan tanggapan siswa terhadap penerapan strategi MALL ini. Teknologi abad-21 menawarkan pembelajaran online sebagai sebuah strategi pembelajaran yang akan mengembangkan kualitas mengajar bahkan hal tersebut membuat siswa mampu belajar dengan lebih fleksibel. Dalam hal ini, penggunaan strategi MALL melalui aplikasi-aplikasi di handphone adalah strategi yang telah diobservasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif sebagai metodologi penelitan. Data-data yang terkumpul didapatkan melalui kegiatan observasi dan hasil analisis refleksi siswa. Observasi dilakukan dengan memanfaatkan lembar observasi serta analisis refleksi siswa memanfaatkan lembar refleksi siswa dan refleksi guru. Hasil dari kedua data tersebut dianalisis menggunakan proses model interaktif. Validitas daripada instrument dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penilaian para ahli. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru menerapkan strategi MALL pada saat aktifitas inti dan aktifitas penutup selama 6 pertemuan. Guru memanfaatkan aplikasi Line sebagai sumber penyebaran informasi. Koneksi jaringan internet adalah salah satu permasalahan besar dalam penerapan strategi MALL ini, serta tanggapan siswa terhadap penerapan strategi MALL ini sangatlah bagus. Mayoritas dari jumlah siswa mendukung MALL sebagai strategi pembelajaran di dalam kelas karena mereka merasa senang dan termotivasi selama penerapan strategi MALL ini. Penelitian ini menyarankan kepada peneliti lain nantinya agar melakukan investigasi serta mengobservasi lebih dalam terkait penerapan strategi MALL ini. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Melalui Mobilisasi (MALL), Proses Pembelajaran Reading

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Melalui Mobilisasi (MALL), Proses Pembelajaran Reading
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Nata Kusuma
Date Deposited: 18 Oct 2019 01:36
Last Modified: 18 Oct 2019 01:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item View Item