Hadiwinata, Simon (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Topik Zat Tunggal dan Zat Campuran Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031216-COVER.pdf Download (591kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031216-ABSTRAK.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031216-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031216-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031216-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031216-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031216-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031216-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031216-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya dan inovasi dari guru untuk menciptakan media video pembelajaran dimasa pandemi yang menggunakan model pembelajaran daring/dalam jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis demonstrasi yang sudah teruji validitasnya pada topik zat tunggal dan zat campuran kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model 4D dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 2 ahli praktisi. Sedangkan objek penelitian ini yaitu pengembangan video pembelajaran berbasis demonstrasi topik zat tunggal dan zat campuran untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis untuk mengetahui skor validitas video pembelajaran berbasis demonstrasi. Nilai rata-rata validitas video pembelajaran berbasis demonstrasi dari ahli materi sebesar 97,5% dengan kategori sangat baik, dari ahli media sebesar 95% dengan kategori sangat baik, dan dari praktisi sebesar 87% dengan kategori baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa video pembelajaran berbasis demonstrasi yang dikembangkan pada topik zat tunggal dan zat campuran dinyatakan valid digunakan dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, zat tunggal dan zat campuran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Simon Hadiwinata |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 11:29 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 11:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6558 |
Actions (login required)
View Item |