Dewi, Ni Made Liana Candra (2021) Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V di SD No 2 Kerobokan Kelod. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031154-COVER.pdf Download (518kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031154-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
1711031154-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (237kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Teori)
1711031154-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3 Metodelogi Penelitian)
1711031154-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
1711031154-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5 Penutup)
1711031154-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031154-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031154-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemanfaatan media sebagai sarana pendukung pembelajaran di masa pandemi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V di SD No. 2 Kerobokan Kelod, (2) mengetahui validitas Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V di SD No. 2 Kerobokan Kelod, menurut hasil evaluasi para ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Model pengembangan yang digunakan adalah model Hannafin and Peck. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media video animasi IPA yaitu: (1) Rancang bangun media video animasi dibuat berdasarkan tahap Hannafin and Peck (analisis kebutuhan, desain, implementasi dan pengembangan) berupa teks, gambar bergerak dan suara yang dipadukan menjadi sebuah media video animasi, (2) Kelayakan produk yang dikembangkan didasari oleh penilaian yang dilakukan oleh ahli isi pembelajaran sebesar 98,20% (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar 100% (sangat baik), ahli media pembelajaran sebesar 98,6% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 95% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 95% (sangat baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan media video animasi IPA pada pokok bahasan Sistem Pernapasan kelas V layak digunakan dan secara empiris terbukti bahwa penggunaan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Animasi, Sistem Pernapasan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE LIANA CANDRA DEWI |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 03:25 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 03:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6563 |
Actions (login required)
View Item |