THE IMPLEMENTATION OF SONG TECHNIQUE IN TEACHING ENGLISH FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS: A CASE STUDY AT SMPN 2 KUBUTAMBAHAN.

Dian Maherni, Ni Kadek (2021) THE IMPLEMENTATION OF SONG TECHNIQUE IN TEACHING ENGLISH FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS: A CASE STUDY AT SMPN 2 KUBUTAMBAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021140-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021140-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021140-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021140-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
1612021140-BAB 3 METODELOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021140-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021140-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021140-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021140-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengimplementasian teknik lagu dalam mengajar Bahasa Inggris untuk siswa SMPN 2 Kubutambahan, dan; (2) mengetahui alasan guru dalam mengimplementasikan teknik lagu dalam mengajar Bahasa Inggris siswa SMPN 2 Kubutambahan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang memanfaatkan desain studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu 2 guru Bahasa Inggris di SMPN 2 Kubutambahan yang dipilih melalui purposive sampling technique. Instrumen penelitian ini meliputi peneliti, lembar observasi, dan panduan interview. Data dikumpulkan melalui teknik note-taking, observasi, dan interview. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis data yang terdiri dari reduksi data, pengambaran data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru yang diobservasi mengimplementasikan teknik lagu dengan sintaksis umum, meliputi: kegiatan awal (memilih lagu yang tepat), kegiatan inti (memilih kegiatan yang sesuai dan membuat kuis sebagai penilaian sedeherna), dan kegiatan penutup (memberikan pekerjaan rumah sebagai aktivitas tambahan); (2) terdapat beberapa alasan guru dalam mengimplementasikan teknik tersebut, yaitu: memberikan kegiatan belajar yang nayaman, meningkatkan motivasi belajar siswa, menawarkan media belajar yang menarik, dan meningkatkan kosa kata siswa. Maka, dapat disimpulkan bahwa meskipun guru yang di observasi mengimplementasikan teknik lagu dengan cara yang sintaksis yang serupa secara umum dan mereka memiliki beberapa alasan penting dalam mengimplementasikan teknik ini dalam pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP. Kata-kata kunci: Teknik lagu di tingkat SMP, Pengimplementasian teknik lagu, Alasan-alasan dalam menerapkan teknik lagu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Teknik lagu di tingkat SMP, Pengimplementasian teknik lagu, Alasan-alasan dalam menerapkan teknik lagu.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Dian Maherni
Date Deposited: 19 Jul 2021 01:26
Last Modified: 19 Jul 2021 01:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6576

Actions (login required)

View Item View Item