Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Topik Perubahan Wujud Benda di Kelas V Sekolah Dasar

Bersih, Kadek (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Topik Perubahan Wujud Benda di Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031303_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031303_ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031303_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031303_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031303_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031303_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031303_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031303_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031303_LAMPIRAN.pdf

Download (43MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan video pembelajaran berbasis demonstrasi yang valid dan praktis pada topik perubahan wujud benda di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 praktisi, dan 5 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode rating scale dengan instrumen berbentuk rating scale rentang 1-4. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menghitung indeks validitas penilaian ahli serta menghitung rata-rata respon praktisi dan siswa. Hasil analisis menunjukkan indeks validitas ahli materi memperoleh skor terendah sebesar 0,84 dan skor tertinggi 1 dengan kategori sangat valid. Sedangkan indeks validitas ahli media memperoleh skor terendah sebesar 0,67 yang berada pada kategori valid dan skor tertinggi 1 yang berada pada kategori sangat valid. Rata-rata secara keseluruhan skor respon praktisi yaitu 3,82 dan respon siswa yaitu 3,78 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, media video pembelajaran berbasis demonstrasi pada topik perubahan wujud benda di kelas V sekolah dasar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, perubahan wujud benda
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Bersih
Date Deposited: 16 Jul 2021 03:29
Last Modified: 16 Jul 2021 03:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6585

Actions (login required)

View Item View Item