Bersih, Kadek (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Topik Perubahan Wujud Benda di Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031303_COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031303_ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031303_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (418kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031303_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031303_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031303_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031303_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031303_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (487kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031303_LAMPIRAN.pdf Download (43MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan video pembelajaran berbasis demonstrasi yang valid dan praktis pada topik perubahan wujud benda di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 praktisi, dan 5 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode rating scale dengan instrumen berbentuk rating scale rentang 1-4. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menghitung indeks validitas penilaian ahli serta menghitung rata-rata respon praktisi dan siswa. Hasil analisis menunjukkan indeks validitas ahli materi memperoleh skor terendah sebesar 0,84 dan skor tertinggi 1 dengan kategori sangat valid. Sedangkan indeks validitas ahli media memperoleh skor terendah sebesar 0,67 yang berada pada kategori valid dan skor tertinggi 1 yang berada pada kategori sangat valid. Rata-rata secara keseluruhan skor respon praktisi yaitu 3,82 dan respon siswa yaitu 3,78 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, media video pembelajaran berbasis demonstrasi pada topik perubahan wujud benda di kelas V sekolah dasar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, perubahan wujud benda |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Bersih |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 03:29 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 03:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6585 |
Actions (login required)
View Item |