Purna, Made Roby Pratama (2021) PENGINTEGRASIAN LPD SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1929091001-COVER)
1929091001-Cover.pdf Download (425kB) |
|
Text (1929091001-ABSTRAK)
1929091001-Abstrak.pdf Download (164kB) |
|
Text (1929091001-BAB 1 PENDAHULUAN)
1929091001-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (483kB) |
|
Text (1929091001-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929091001-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (1929091001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929091001-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (1929091001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929091001-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (1929091001-BAB 5 PENUTUP)
1929091001-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (1929091001-DAFTAR PUSTAKA)
1929091001-Daftar Pustaka.pdf Download (373kB) |
|
Text (1929091001-LAMPIRAN)
1929091001-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui sejarah bagaimana berdirinya LPD di Desa Sambangan; 2) Untuk mengetahui bagaimana mengintegrasikan dan melakukan inovasi pada LPD Desa Sambangan sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 4 Singaraja; 3) Untuk mengetahui nilai karakter yang dapat diintegrasikan pada LPD Sambangan ke dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja; 4) Untuk mengetahui menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 di dalam mengintegrasikan LPD Sambangan ke dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja; dan 5) Untuk mengetahui persepsi siswa dan guru di SMP Negeri 4 Singaraja terhadap pengintegrasian LPD Sambangan ke dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Subyek penelitian adalah Prajuru Desa Pakraman Sambangan, Ketua LPD Sambangan, Bendahara LPD Sambangan, Guru-guru IPS di SMP N 4 Singaraja dan siswa-siswi SMP N 4 Singaraja kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) LPD Sambangan didirikan berdasarkan SK Gubernur Nomor : 144 Tahun 1992 tanggal 26 Februari 1992 ; 2) Inovasi pembelajaran sangat penting dilakukan pada semua mata pelajaran, melainkan bukan hanya mata pelajaran IPS saja mengingat fungsi utama dari penginovasian pembelajaran adalah untuk meningkatkan minat belajar pada pelajaran yang di inovasi melalui penggunaan sumber belajar yang ada pada sekitar kehidupan atau lingkungan siswa ; 3) Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Pengintegrasian LPD Sambangan ke dalam pembelajaran IPS adalah Religius, Disiplin, Gotong Royong atau Kerja Sama, Kejujuran, Tanggung Jawab, dan Kerja Keras. Selain nilai karakter tersebut terdapat pula nilai kearifan lokal seperti Taksu, Tri Hita Karana, Menyama Braya, dan Jengah; 4) RPP yang dikembangkan dalam mengintegrasikan LPD Sambangan ke dalam pembelajaran IPS adalah mengacu pada Permendikbud Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP; dan 5) Persepsi guru dan siswa berbanding lurus dengan apa yang dituangkan peneliti yaitu mereka setuju dan mendukung penyisipan bahan ajar LPD Sambangan ke dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LPD Sambangan, Nilai-nilai Karakter dari LPD Sambangan, Pengintegrasian ke dalam Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | MADE ROBY PRATAMA PURNA |
Date Deposited: | 17 Jul 2021 01:20 |
Last Modified: | 17 Jul 2021 01:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6644 |
Actions (login required)
View Item |