Tangkas, I Gede Pusaka (2021) EVALUASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SECARA DARING KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011105-COVER.pdf Download (905kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011105-ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011105-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (342kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011105-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011105-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011105-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011105-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011105-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011105-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengelolaan pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri 2 Singaraja, diukur dari variabel konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini berjenis penelitian evaluasi. Sampel penelitian adalah seluruh guru matematika di SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 7 orang guru dan siswa kelas XI yang berjumlah 294 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus z-skor yang kemudian diubah ke dalam t-skor, setelah itu dikonversikan ke dalam kuadran prototype teori Glickman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari segi variabel konteks siswa, tergolong efektif(+), variabel input tergolong kurang efektif (-), variabel proses tergolong kurang efektif dan variabel produk tergolong efektif (+). Sementara dari segi konteks guru, tergolong kurang efektif(–), variabel input tergolong kurang efektif (-), variabel proses tergolong kurang efektif dan variabel produk tergolong efektif (+). Penentuan keefektifan suatu pengelolaan pembelajaran dilihat dari tingkat ketercapaian tujuan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran daring di SMA Negeri 2 Singaraja. Kesimpulan berdasarkan prototype teori Glickman adalah pengelolaan pembelajaran daring untuk siswa kelas XI dan seluruh guru pengajar matematika di SMA Negeri 2 Singaraja tergolong kurang efektif. Kurangnya keefektivitasan siswa dikarenakan minimnya fasilitas yang memadai seperti gadget dan koneksi internet. Adapun solusinya yaitu menggunakan fasilitas yang berada di sekolah seperti komputer dan jaringan wifi. Selain itu, kurangnya keefektivitasan guru dikarenakan minimnya kemampuan guru dalam menguasai teknologi dalam membuat video pembelajaran atau media pembelajaran online lainnya. Adapun solusinya yaitu mengikuti pelatihan pembuatan media pembelajaran online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Daring, Evaluasi, Model CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Gede Pusaka Tangkas |
Date Deposited: | 17 Jul 2021 23:47 |
Last Modified: | 17 Jul 2021 23:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6660 |
Actions (login required)
View Item |