Undergraduate EFL Students’ Perception towards the Use of Microsoft Word References on Students’ Thesis

Agustini, Ni Luh Putu Rastiti Era (2021) Undergraduate EFL Students’ Perception towards the Use of Microsoft Word References on Students’ Thesis. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021118-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021118-ABSTRAK.pdf

Download (705kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021118-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (674kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021118-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021118-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021118-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021118-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021118-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (765kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021118-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi mahasiswa pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing terhadap penggunaan Referensi Microsoft Word pada tesis mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing terhadap penggunaan Referensi Microsoft Word pada tesis mahasiswa. Penelitian ini desain metode campuran sekuensial. Mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 25 mahasiswa semester 7 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dan wawancara. Kuesioner dianalisis menggunakan statistik deskriptif khususnya nilai rata dan standar deviasi. Wawancara dianalisis menggunakan analisis model interaktif oleh Miles dan Huberman (1994). Dari analisis nilai rata-rata ideal, nilai rata-rata persepsi mahasiswa pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing terhadap penggunaan Referensi Microsoft Word pada skripsi siswa adalah 41,84 yang dikategorikan sedang. Artinya, Referensi Microsoft Word dapat digunakan dalam mengelola kutipan dan referensi dalam penulisan skripsi. Selain itu, hasil wawancara menunjukkan ada 11 faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing terhadap penggunaan Referensi Microsoft Word pada skripsi mahasiswa yaitu sikap, motif, minat, harapan, kebaruan, gerak, ukuran, latar belakang, kedekatan, dan waktu. Faktor-faktor tersebut yang membangun dua kecenderungan yaitu persepsi positif dan negatif. Persepsi positif menunjukkan bahwa Referensi Microsoft Word dapat membantu mahasiswa dalam penulisan skripsi sedangkan persepsi negatif menunjukkan bahwa Referensi Microsoft Word dapat digantikan oleh alat referensi lain seperti Mendeley dan Google Scholar. Selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian serupa karena masih kurangnya sumber yang menjelaskan hal-hal terkait dengan Referensi Microsoft Word sebagai alat referensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, referensi Microsoft Word, persepsi, penulisan skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Rastiti Era Agustini
Date Deposited: 18 Jul 2021 04:00
Last Modified: 18 Jul 2021 04:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6700

Actions (login required)

View Item View Item