PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII C DI SMP NEGERI 1 MELAYA

Widarti, Ni Nengah (2021) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII C DI SMP NEGERI 1 MELAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1714041019- COVER.pdf

Download (834kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1714041019-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714041019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714041019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714041019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714041019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1714041019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714041019- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1714041019- LAMPIRAN.pdf

Download (913kB)

Abstract

Penelitian ini merupakah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan tiap siklus meliputi perencanaan,tindakan,evaluasi,dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Melaya dalam penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran PPKn. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII C Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2021 yang berjumlah 32 orang siswa,dengan rincian 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I pada motivasi belajar siswa mendapatkan skor rata-rata sebesar 62,15 yang berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II skor rata-rata siswa yaitu 75,78 yang berada pada kategori tinggi. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I dengan skor rata-rata 66,66 dengan Daya Serap Siswa(DSS) 66,66% yang berada pada kategori cukup. Ketuntasan belajar siswa sebanyak 10 orang siswa yaitu 31,25%. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 80,31 dengan Daya Serap Siswa (DSS) 80,31% yang berada pada kategori baik dan ketuntasan belajar siswa sebanyak 27 orang siswa yaitu 84,37%. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 13,68% dan untuk hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 13,65%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, motivasi,hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: NI NENGAH WIDARTI
Date Deposited: 21 Jul 2021 01:48
Last Modified: 21 Jul 2021 01:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6749

Actions (login required)

View Item View Item