Altaf, Ahmad (2021) MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3ABANYUWANGI TAHUN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1616011033-COVER.pdf Download (799kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1616011033-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1616011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1616011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1616011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1616011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1616011033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1616011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1616011033-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas VIII dalam mengikuti Pemblajaran PJOK secara daring pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Banyuwangi tahun 2020/2021. Jenis rancangan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, berupa penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini, yakni peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Banyuwangi, yang berjumlah 235 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 70 orang yang diperoleh melalui teknik random sampling dengan besaran 30% dari total populasi. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran PJOK secara daring pada masa pademi covid-19 di SMP Negeri 3 Banyuwangi, yakni dari 70 peserta didik yang dijadikan sebagai sampel, muncul empat jenis tanggapan terhadap 20 pernyataan dari masing-masing indikator yang dikembangkan dari dua faktor yakni faktor intrinsik dan faktor ekstrisnsik. Pada faktor instrinsik, dengan total jumlah pernyataan 12 akumulasi data yang diperoleh dalam bentuk skor rata-rata yakni 56,80 kategori baik. Sedangkan, pada faktor ektrinsik, dengan total jumlah pernyataan 8 akumulasi data yang diperoleh dalam bentuk skor rata-rata yakni 57,06 kategori baik. Jadi, jika kedua data tersebut dikonvensikan pada tabel interval kategori, diperoleh hasil 64,5 kategori sangat baik, sehingga pembelajaran PJOK secara daring selama pandemi covid-19 mampu menumbuhkan motivasi peserta didik baik dari faktor dalam (intrinsik) yakni kesehatan, perhatian, minat, bakat maupun dari faktor luar (ektrinsik), yakni metode mengajar, alat pelajaran, dan kondisi lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Pembelajaran Daring , PJOK, dan Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | AHMAD ALTAF |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 01:03 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 01:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6754 |
Actions (login required)
View Item |