KONTRIBUSI KONSEP DIRI, MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SMP N 1 MENGWI

Budi Ariani, Komang (2021) KONTRIBUSI KONSEP DIRI, MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SMP N 1 MENGWI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1929091015-COVER)
1929091015-Cover.pdf

Download (363kB)
[img] Text (1929091015-ABSTRAK)
1929091015-Abstrak.pdf

Download (120kB)
[img] Text (1929091015-BAB 1 PENDAHULUAN)
1929091015-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (259kB)
[img] Text (1929091015-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929091015-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (1929091015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929091015-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (1929091015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929091015-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (1929091015-BAB 5 PENUTUP)
1929091015-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (1929091015-DAFTAR PUSTAKA)
1929091015-Daftar Pustaka.pdf

Download (315kB)
[img] Text (1929091015-LAMPIRAN)
1929091015-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi konsep diri, motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP N 1 Mengwi tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk penelitian Survey Studi Korelasi atau ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP N 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 1.047 siswa. Berdasarkan tabel Morgan, apabila populasi sebanyak 1.047 orang, maka sampel yang bisa digunakan untuk mewakilinya adalah 285 orang. Variabel bebas pada penelitian ini meliputi: konsep diri, motivasi belajar, dan minat belajar, sedangkan sebagai variabel terikat adalah prestasi belajar IPS. Untuk pengumpulan data tentang konsep diri, motivasi belajar, minat belajar digunakan kuesioner dengan pola skala likert. Sedangkan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPS siswa digunakan metode studi dokumen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri, motivasi belajar, dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa, dengan kontribusi sebesar 61,81%, 2) terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar IPS siswa, dengan kontribusi sebesar 37,2% dan sumbangan efektif sebesar 13,40%, 3) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa, dengan kontribusi sebesar 54,6% dan sumbangan efektif sebesar 21,62%, dan 4) terdapat kontribusi yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa, dengan kontribusi sebesar 55,5% dan sumbangan efektif sebesar 26,79%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Motivasi Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Komang Budi Ariani
Date Deposited: 23 Jul 2021 12:00
Last Modified: 23 Jul 2021 12:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6801

Actions (login required)

View Item View Item