Triastuti, Ni Kadek Mely (2021) PENGEMBANGAN E-HANDOUT FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 RENDANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713021001-COVER.pdf Download (691kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713021001-ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713021001- LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa e-handout berbasis problem based learning yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Rendang dalam pembelajaran fisika khususnya materi usaha dan energi serta momentum dan impuls. Penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan desain penelitian pengembangan AM3PU3. Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli isi pembelajaran, 2 orang ahli media pembelajaran, 2 orang ahli desain pembelajaran, 5 orang praktisi guru, 30 orang siswa, dan 1 orang guru fisika dalam uji lapangan. Jenis instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa angket dan tes uraian keterampilan berpikir kritis. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan efektivitas poduk. Hasil penelitian pengembangan e-handout fisika berbasis problem based learning, yaitu (1) e-handout dinyatakan valid berdasarkan hasil validitas isi pembelajaran sebesar 0,79 berkriteria baik, validitas media pembelajaran sebesar 0,93 berkriteria sangat baik, validitas desain pembelajaran sebesar 95% berkualifikasi sangat valid, validitas praktisi guru sebesar 93,6% berkualifikasi sangat valid. (2) e-handout yang dikembangkan praktis digunakan dalam pembelajaran fisika, nilai hasil angket kepraktisan guru sebesar 80 berkualifikasi praktis serta nilai kepraktisan respon siswa sebesar 84 berkualifikasi sangat praktis. (3) e-handout fisika berbasis problem based learning dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dengan hasil perhitungan nilai rata-rata post-test sebesar 82,7 telah melebihi nilai KKM yaitu 75. Keefektifan e-handout untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa didukung pula nilai ketuntasan klasikal sebesar 100% berkualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-handout fisika, problem based learning, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Mely Triastuti |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 03:14 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 03:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6926 |
Actions (login required)
View Item |