Utami, Putu Risky (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011091-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011091-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011091-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011091-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011091-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran peer instruction flipped terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2020/2021 semester genap yang tersebar ke dalam enam kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas secara acak dari enam kelas yang ada, yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa skor pemahaman konsep matematika siswa yang dikumpulkan melaui tes uraian di akhir penelitian. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t satu ekor. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai t_hitung=3,075 dan dengan taraf signifikansi 5% dan db = 64, diperoleh nilai t_tabel=1,998, sehingga didapatkan kriteria pengujian sebagai berikut t_hitung>t_tabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran peer instruction flipped lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran peer instruction flipped memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran peer instruction flipped, pemahaman konsep matematika, pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Risky Utami |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 02:21 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 02:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7059 |
Actions (login required)
View Item |