Agistin, Duwi Maulida (2021) PELABUHAN PENYEBERANGAN GILIMANUK DI DESA GILIMANUK KECAMATAN MELAYA KABUPATEN JEMBRANA (Lintasan Sejarah, Dampak Sosial Ekonomi dan Ekologi, serta Potensinya sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714021009_COVER.pdf Download (453kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714021009-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714021009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 2 LANDASAN TEORI)
1714021009_BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1714021009_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714021009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714021009_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714021009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714021009-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui,1) Lintasan sejarah berdirinya pelabuhan penyebrangan Gilimanuk di Desa Gilimanuk, Jembrana, Bali, 2) Dampak sosial, ekonomi, dan ekologi bagi masyarakat, 3) Aspek-aspek dari keberadaan pelabuhan Gilimanuk yang memiliki potensi sebagai sumber belajar sejarah lokal di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif meliputi: 1) Lokasi penelitian di Pelabuhan Penyebrangan Gilimanuk, 2) Teknik penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling dan Snow Ball, 3) Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, studi dokumen, 4) Teknik penjaminan keaslian data dengan menggunakan dua teknik yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi metode, 5) Teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Pelabuhan rakyat menjadi pelabuhan penyebrangan barang dan orang, secara bertahap berkembang terlihat dari dinamika sarana prasarana penyebrangan seperti adanya juga dermaga LCM dan dermaga ponton, dan sarana penunjang yang lain, 2) Dinamika itu berdampak pada aspek sosial dengan terjadinya daya tarik penduduk untuk hidup menetap dan pencarian peluang ekonomi disekitar pelabuhan, pola pemukiman, masalah sosial dan ekologi, 3) Hal ini menarik dan berkelanjutan untuk dijadikan sebagai sumber belajar karena ada dinamika perubahan disetiap masa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah, Dampak, Sumber Belajar Sejarah |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LA History of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | DUWI MAULIDA AGISTIN |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 12:43 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 12:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7066 |
Actions (login required)
View Item |