Agustin, Fingky (2021) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK KELAS VIII DI MTsT MARDLATILLAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051068-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051068-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051068-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051068-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051068-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada pembelajaran fiqih, khususnya materi ibadah haji dan umrah untuk kelas VIII di MTsT Mardlatillah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan untuk kelas VIII di MTsT Mardlatillah pada 35 siswa dan seorang guru yang mengampu mata pelajaran fiqih. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, angket uji coba lapangan, angket uji respon peserta didik dan guru. Hasil dari perhitungan uji ahli isi, desain dan media pembelajaran masing-masing memperoleh rata-rata skor sebesar 1,00 yaitu masuk dalam tingkat validitas sangat tinggi. Uji efektivitas dengan memberikan pretest dan posttest memperolah hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,78 yaitu masuk dalam interpertasi tinggi, sedangkan untuk hasil perhitungan uji respon peserta didik dan guru memperoleh rata-rata sebesar 79,03 dan 46 yaitu masuk dalam kriteria sangat praktis. Sehingga, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran fiqih menunjukkan kriteria kualitas produk yaitu sangat valid, sangat praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Pembelajaran Interaktif, Discovery Learning, Fiqih |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | FINGKY AGUSTIN |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 23:10 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 23:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7164 |
Actions (login required)
View Item |