PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 TABANAN

Putra, I Putu Albert Purnama (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021044-COVER.pdf

Download (708kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713021044-ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (496kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021044-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar degan model Discovery learning dan Direct Intruction. Penelitian ini adalah eksperimen kuasi menggunakan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 8 kelas (288 siswa) siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tabanan Tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian adalah 2 kelas (72 siswa) yang ditentukan secara assignment random sampling, sehingga terpilih siswa kelas XI MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan siswa XI MIPA 1 sebagai kelompok control. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes keterampilan berpikir kritis yang terdiri dari 15 butir berbentuk esai. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model Discovery learning dan yang belajar dengan Direct Intruction (F* = 10,614 p<0,05). Keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model Discovery learning (M = 88,37; SD = 3,55, kategori sangat baik) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar dengan model Direct Intruction (M = 86,43; SD = 3,65, kategori Sangat Baik). Implikasinya, bahwa dalam rangka pencapaian berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika di SMA, mereka sebaiknya difasilitasi dengan Discovery learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, discovery learning, direct instruction, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Putu Albert Purnama Putra
Date Deposited: 25 Jul 2021 00:28
Last Modified: 25 Jul 2021 00:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7217

Actions (login required)

View Item View Item