Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Kumalasari, Ni Made Nema (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011086-COVER.pdf

Download (338kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011086-ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011086-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011086-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011086-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011086-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011086-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011086-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011086-LAMPIRAN.pdf

Download (604kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Polya pada pembelajaran daring ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 2 Kerambitan. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar menurut Kolb, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil tes uji coba terhadap instrumen tes kemampuan pemecahan masalah untuk masing-masing tes I dan II diperoleh bahwa rXY > rtabel = 0,349 yang berarti bahwa instrumen tes valid, r11 untuk tes I = 0,73 dan r11 untuk tes II = 0,79 yang berarti kedua tes memiliki reliabilitas yang tinggi, DP > 0,40 yang berarti instrumen tes memiliki daya pembeda yang sangat baik, dan 0,31 < TK < 0,71 yang berarti instrumen tes memiliki tingkat kesukaran yang sedang. Analisis seluruh data dilakukan dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, verifikasi, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) siswa diverger paling banyak jumlahnya di kelas VII B SMPN 2 Kerambitan, 2) siswa diverger, assimilator, converger, dan accommodator mampu menyelesaikan masalah dengan memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Siswa diverger memeriksa kembali dengan mempertimbangkan solusi yang diperoleh logis, membaca kembali pertanyaan, dan menyimpulkan, siswa assimilator dan accommodator mampu mengecek semua perhitungan yang ada tapi tidak melihat alternatif penyelesaian yang lain, siswa converger mampu melihat alternatif penyelesaian yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori Polya, Pembelajaran Daring, Gaya Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: NI MADE NEMA KUMALASARI
Date Deposited: 25 Jul 2021 00:40
Last Modified: 25 Jul 2021 00:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7219

Actions (login required)

View Item View Item