Rapianingsih, Ni Nyoman Tri (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERORIENTASI HOTS KELAS IV SD GUGUS VII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031015-COVER.pdf Download (841kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031015-ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031015-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas instrumen penilaian hasil belajar matematika berorientasi HOTS. Pada penelitian ini menggunakan model 4D yang dicetuskan oleh Thiagarajan, adapun tahap pengembangannya yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan atau desain (design), tahap pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pada tahap penyebaran (disseminate) tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga maka penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Subyek pada penelitian ini adalah kisi-kisi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini berupa instrumen penilaian hasil belajar matematika beroerintasi HOTS yang terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda, yang telah teruji kualitasnya dari segi (1) memiliki kualitas validitas isi telah diujikan kepada pakar ahli materi/judges dengan hasil 1,00 (sangat tinggi); (2) memiliki kualitas reliabilitas butir tes dengan hasil sebesar 0,93 (sangat tinggi); (3) memiliki kualitas daya pembeda 16 butir soal berada pada kriteria daya beda “Cukup baik” dan 2 butir soal berada pada kriteria “Baik”; (4) memiliki kualitas indeks kesukaran dengan hasil 1 butir soal dengan kategori tingkat kesukaran “sukar”, sebanyak 14 butir soal dengan kategori tingkat kesukaran “sedang”, dan sebanyak 3 butir soal dengan kategori “mudah”; dan (5) memiliki kualitas pengecoh dengan hasil P > 5% sebanyak 53 dengan kriteria baik dan P < 5% sebanyak 7 dengan kriteria kurang baik. Dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki kualitas yang valid dan reliabel serta layak digunakan sebagai instrumen penilaian pada pembelajaran matematika materi bangun datar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Penilaian, Hasil Belajar, Matematika, HOTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Tri Rapianingsih |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 13:59 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 13:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7250 |
Actions (login required)
View Item |