Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Praktik Pada Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu Dan Wujud Benda Siswa Kelas V SDN 1 Nusasari Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Guna, I Made Yogi Adi (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Praktik Pada Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu Dan Wujud Benda Siswa Kelas V SDN 1 Nusasari Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031212-COVER.pdf

Download (325kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031212-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031212-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031212-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031212-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031212-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031212-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031212-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031212-LAMPIRAN.pdf

Download (658kB)

Abstract

Pembelajaran dimasa covid-19 kurang memberikan pengalaman belajar yang menarik. Minimnya media pembelajaran berdampak kurang kontekstualnya pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan diadakan pengembangan; menciptakan produk, memperjelas proses pengembangan, mendeskripsikan validitas dan respon siswa. Jenis penelitian dan pengembangan melalui desain model 4D. Ahli isi, media, desain, dan uji respon siswa sebanyak 23 orang sebagai subjek. Metode pengumpulan data yakni kuesioner untuk mendeskripsikan validitas dan respon siswa berupa instrumen non-tes berbentuk pernyataan bernilai skala lima. Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian: produk video melalui proses pengembagan 4D dengan validitas isi materi pembelajaran I memperoleh rata- rata 4,35 kategori baik dan ahli II rata- rata 4.85 kategori sangat baik, desain memperoleh rata-rata validitas 4.82 kategori sangat baik, dan media pembelajaran dengan rata-rata 4.65 kategori sangat baik dan respon siswa = 87.71% kategori sangat baik. Simpulan yang diperoleh dihasilkan video pembelajaran dinyatakan valid pada kategori sangat baik dan respon siswa pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video, kalor, suhu, benda, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Yogi Adi Guna
Date Deposited: 24 Jul 2021 10:19
Last Modified: 24 Jul 2021 10:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7262

Actions (login required)

View Item View Item