Wardani, Desak Made Yeni (2021) DEVELOPING POWTOON AUTONOMOUS LEARNING BASED-VIDEO AS LEARNING MEDIA IN TEACHING ENGLISH FOR SIXTH GRADE STUDENTS AT LAB UNDIKSHA SINGARAJA ELEMENTARY SCHOOL IN BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021130-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021130-ABSTRAK.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021130-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021130-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021130-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021130-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021130-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021130-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021130-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
PENGEMBANGAN VIDEO POWTOON BERBASIS PEMBELAJARAN MANDIRI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS ENAM SEKOLAH DASAR LAB UNDIKSHA SINGARAJA DI KABUPATEN BULELENG Oleh Desak Made Yeni Wardani, NIM 1712021130 Jurusan Bahasa Asing/Pendidikan Bahasa Inggris Singaraja, Indonesia Email: yenidesak08@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi Powtoon sebagai media pembelajaran untuk mengajar bahasa Inggris siswa kelas enam di SD Undiksha Singaraja, serta mengetahui kualitas dari video animasi Powtoon. Penelitian ini berlokasi di SD LAB Undiksha Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Desain dan Pengembangan, sementara ADDE Model oleh Romiszowski (analisis, desain, pengembangan, serta evaluasi) digunakan sebagai prosedur penelitian untuk mengembangkan media. Data dikumpulkan melalui wawancara, analisis silabus, angket siswa, serta rubrik penilaian para ahli. Hasil akhir dari video animasi Powtoon berupa video prototipe. Video Powtoon telah dirancang berdasarkan silabus dan keperluan siswa selama belajar dari rumah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa video berbasis animasi Powtoon bisa menjadi media yang efektif dan berguna untuk mengajar bahasa Inggris untuk siswa kelas enam. Dari angket siswa, ditemukan bahwa video animasi dapat menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri selama pembelajaran daring. Media ini dikategorikan sebagai media yang sangat bagus, serta dapat membantu guru dalam merancang aktivitas belajar yang kreatif selama belajar dari rumah. Sehubungan dengan hal tersebut, pengajaran daring dengan menggunakan media teknologi sangat disarankan untuk guru. Kata-kata kunci: Media pembelajaran, Pembelajaran mandiri, Video animasi Powtoon, Anak-anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Pembelajaran mandiri, Video animasi Powtoon, Anak-anak. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Desak Made Yeni Wardani |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 08:20 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 08:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7275 |
Actions (login required)
View Item |