Firdayanti, Nanda (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATERI PENGELOMPOKAN HEWAN UNTUK KELAS III SD NEGERI 4 PEMECUTAN KECAMATAN DENPASAR UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031067-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031067-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (436kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031067-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031067-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031067-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan mengingat belum banyak tersedia media yang cocok digunakan untuk pembelajaran daring. Siswa memerlukan visualisasi yang dapat membantu pemahaman materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui validitas media Scrapbook pada materi pengelompokan hewan kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran Scrapbook. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Validasi produk dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Hasil penilaian validator dari ahli isi pembelajaran yaitu 100% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran yaitu 81% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran yaitu 88% dengan kualifikasi baik, dan penilaian respon peserta didik pada uji coba perorangan menunjukkan persentase sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media scrapbook materi pengelompokan hewan untuk kelas III SD Negeri 4 Pemecutan terbukti valid berdasarkan hasil validasi media dari para ahli dan praktisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media scrapbook, pengelompokan hewan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nanda Firdayanti |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 09:11 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 09:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7286 |
Actions (login required)
View Item |