Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Videoscribe

Putra, I Wayan Deni Perdana (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Videoscribe. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031287-COVER.pdf

Download (388kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031287-ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1711031287-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1711031287-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1711031287-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031287-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1711031287-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031287-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031287-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran menggunakan aplikasi videoscribe pada kelas V SD dan mengetahui keterterimaan video pembelajaran IPA kelas V menggunakan aplikasi videoscribe. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu: model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Namun, karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan, penelitian ini tidak melakukan tahap penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah video pembelajaran menggunakan aplikasi videoscribe. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keberterimaan video pembelajaran dengan aplikasi videoscribe. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada 2 orang dosen dan 2 orang guru. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat keberterimaan video pembelajaran menggunakan aplikasi videoscribe adalah rating scale berupa lembar penilaian video pembelajaran dengan aplikasi videoscribe dari ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus gregory tabulasi silang untuk mengetahui keberterimaan video pembelajaran yang dikembangkan. Nilai yang diperoleh dari keempat ahli adalah 1,00 dengan kualifikasi keberterimaan produk sangat tinggi. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa video pembelajaran menggunakan aplikasi videoscribe yang dikembangkan pada topik cara tubuh mengolah udara bersih dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Videoscribe, IPA, 4D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Wayan Deni Perdana Putra
Date Deposited: 25 Jul 2021 18:15
Last Modified: 25 Jul 2021 18:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7288

Actions (login required)

View Item View Item