Dewi, Luh Putu Rastiti Puspita (2021) THE TEACHERS CHALLENGE IN CONDUCTING ONLINE LEARNING AT SMA CANDIMAS PANCASARI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021221-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021221-ABSTRAK.pdf Download (921kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021221-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (877kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021221-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021221-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021221-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021221-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021221-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (991kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021221-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan guru dalam melakukan pembelajaran online di SMA Candimas Pancasari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, tantangan guru di SMA Candimas Pancasari dalam hal pembelajaran online akibat pandemi covid�19 dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara dari dua guru bahasa Inggris di kelas 10 dan 11. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Peneliti menggunakan enam indikator dari Dhull (2017) yaitu aksesibilitas yang buruk ke daerah terpencil, kurangnya keterbatasan dana, komunikasi yang buruk, perasaan terisolasi, kurangnya motivasi, dan kualitas yang rendah untuk mengidentifikasi tantangan guru dalam melakukan pembelajaran online di SMA Candimas Pancasari dan bagaimana mengatasi tantangan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah koneksi internet yang buruk mempengaruhi beberapa guru dan siswa yang tinggal di daerah terpencil. Selanjutnya, masalah ekonomi orang tua siswa akibat pandemi ini menyebabkan banyak orang tua yang berhenti bekerja sehingga tidak dapat mendukung pendidikan anak-anaknya. Hal ini membuat pembelajaran online tidak bisa 100% efektif dan menjadi tantangan tersendiri bagi guru di SMA Candimas Pancasari. Namun, guru dapat mengatasi tantangan tersebut dengan berbagai strategi selama pembelajaran online, baik kunjungan rumah untuk mengetahui kondisi siswa maupun penyediaan fasilitas seperti komputer, wifi, dan buku pegangan untuk membantu siswa yang melakukan pembelajaran online dan offline di sekolah juga. seperti memberikan siswa satu paket kuota internet dari pemerintah. Dapat dilihat bahwa guru dapat memecahkan tantangan yang dialami selama pembelajaran online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tantangan Guru, Pembelajaran Online |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | luh putu rastiti puspita dewi |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 12:10 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 12:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7337 |
Actions (login required)
View Item |