EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DENGAN COMMUNITY OF INQUIRY (COI) DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Muliatmika, I Wayan Pebri (2021) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DENGAN COMMUNITY OF INQUIRY (COI) DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011059-COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011059-ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011059-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran Matematika secara daring di SMP Negeri 4 Singaraja ditinjau dari segi kehadiran sosial (Social Presence), kehadiran kognitif (Cognitive Presence), kehadiran pengajaran (Teaching Presence), media pendukung (Supporting Discourse), iklim belajar (Setting Climate), dan pemilihan materi (Selecting Content) yang dilaksanakan pada pembelajaran tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang dipadukan dengan skala likert (0 – 4). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika secara daring ditinjau dari segi kehadiran sosial kurang efektif, dikarenakan dalam pembelajaran daring komunikasi sangat terbatas antara peserta didik dengan peserta didik lainnya maupun antara peserta didik dengan pendidik. Selanjutnya ditinjau dari segi kehadiran kognitif kurang efektif, dikarenakan pembelajaran daring tidak mampu menggantikan pembelajaran tatap muka. Berikutnya dari segi kehadiran pengajaran cukup efektif, ini menunjukkan bahwa pendidik cukup maksimal dalam melaksanakan tugas dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Akhirnya ditinjau dari perpotongan ketiga komponen di atas ditemukan: 1) dari segi media pendukung kurang efektif, hal ini terjadi karena media pendukung pembelajaran daring sangat terbatas; 2) dari segi iklim belajar kurang efektif, hal ini terjadi karena iklim belajar daring sangat homogen; dan 3) dari segi pemilihan materi cukup efektif, ini menunjukkan bahwa pemilihan materi tidak terpengaruh oleh kegiatan daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, Community of Inquiry (CoI), kehadiran sosial, kehadiran kognitif, kehadiran pengajaran, media pendukung, iklim belajar, pemilihan materi, pembelajaran Matematika secara daring.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I WAYAN PEBRI MULIATMIKA
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:51
Last Modified: 26 Jul 2021 02:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7376

Actions (login required)

View Item View Item