PENGEMBANGAN LKPD PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBASIS DARING DI KELAS V SD

Putra, Gede (2021) PENGEMBANGAN LKPD PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBASIS DARING DI KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031096-COVER.pdf

Download (658kB)
[img] Text (ABTRAK)
1711031096-ABTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031096-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031096-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031096-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031096-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031096-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031096-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031096-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Adanya COVID-19 membuat proses pembelajaran dilakukan di rumah (daring) sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Oleh sebab itu, diperlukan suatu media yang menarik yang dapat memotivasi siswa dalam belajar, salah satunya adalah LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media LKPD pelajaran matematika materi operasi pecahan berbasis daring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada responden. Instrumen yang dipakai dalam mengukur tingkat validitas media LKPD adalah rating scale berupa lembar penilaian media LKPD dari ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase guna mengetahui skor persentase validitas media LKPD dan reliabelitasnya menggunakan alpha cronbach yang setelahnya dilakukan uji coba ke siswa. Persentase validitas materi media LKPD yang diperoleh adalah 90% dengan kualifikasi sangat baik dan reliabelitasnya memperoleh 0.918 dengan kualifikasi sangat kuat. Validitas media LKPD yang diperoleh adalah 95,92 % dengan kualifikasi sangat baik dan reliabelitasnya memperoleh 0.748 dengan kualifikasi kuat. Sedangkan hasil uji coba ke siswa sebanyak 25 orang memperoleh hasil persentase 96 % dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media LKPD berbasis daring yang dikembangkan pada materi operasi pecahan dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar. Kata kunci: LKPD berbasis daring, pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD berbasis daring, pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gede Yoga Mahardika Arsa Putra
Date Deposited: 25 Jul 2021 18:31
Last Modified: 25 Jul 2021 18:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View Item View Item