Dewi, Luh Nyoman Putri Kusuma (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Filmora Pada Tema Ekosistem Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031057-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031057-ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031057-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun dan media pembelajaran audiovisual berbasis aplikasi Filmora pada tema ekosistem untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D, yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek pada penelitian ini adalah media pembelajaran, sedangkan objek pada penelitian ini adalah validitas media pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian. Penilaian dalam penelitian ini, dinilai oleh dua orang dosen ahli isi mata pelajaran, dua orang dosen ahli media pembelajaran dan desain pembelajaran, satu orang guru, dan Sembilan orang siswa sekolah dasar. Data dianalisis menggunakan rumus mean untuk mendapatkan validitas. Penilaian dinilai oleh ahli isi mata pelajaran mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,86 dengan kualifikasi sangat baik, penilaian oleh ahli media pembelajaran mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,97 dengan kualifikasi sangat baik, penilaian oleh ahli desain pembelajaran mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,82 dengan kualifikasi sangat baik, penilaian oleh guru mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,94 dengan kualifikasi sangat baik. Selain itu, penilaian oleh siswa pada uji perorangan mendapatkan skor rata-rata 3,92 dengan kualifikasi sangat baik dan penilaian oleh siswa pada uji kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,98 dengan kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, audiovisual, Filmora, tema ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Nyoman Putri Kusuma Dewi |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 18:44 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 18:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7493 |
Actions (login required)
View Item |