Wahyundari, Ni Wayan Sri (2021) Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711061005-COVER.pdf Download (470kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711061005-ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (94kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711061005-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan berkomunikasi secara lisan merupakan hal penting yang harus diajarkan sejak dini. Namun, permasalahan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa lisan anak-anak masih sangat kurang dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa secara lisan belum pernah dikembangkan apalagi diterapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE, yang pada pelaksanaannya hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah pengumpulan data primer dengan instrumen penelitian adalah angket kuesioner. Subjek penelitian yaitu ahli berjumlah 4 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran gambar berseri ini valid dan layak untuk diterapkan. Berdasarkan uji validitas materi dan media, dengan rata-rata nilai CVR 1,00 dan nilai CVI 1,00. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak usia dini memiliki 3 tahapan dan dinilai valid serta layak untuk diterapkan. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada siswa usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Language Skills, Learning Media, Development |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Sri Wahyundari |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 23:47 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 23:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7546 |
Actions (login required)
View Item |