Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak

Wahyundari, Ni Wayan Sri (2021) Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711061005-COVER.pdf

Download (470kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711061005-ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711061005-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berkomunikasi secara lisan merupakan hal penting yang harus diajarkan sejak dini. Namun, permasalahan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa lisan anak-anak masih sangat kurang dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa secara lisan belum pernah dikembangkan apalagi diterapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE, yang pada pelaksanaannya hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah pengumpulan data primer dengan instrumen penelitian adalah angket kuesioner. Subjek penelitian yaitu ahli berjumlah 4 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran gambar berseri ini valid dan layak untuk diterapkan. Berdasarkan uji validitas materi dan media, dengan rata-rata nilai CVR 1,00 dan nilai CVI 1,00. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak usia dini memiliki 3 tahapan dan dinilai valid serta layak untuk diterapkan. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada siswa usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Language Skills, Learning Media, Development
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Wayan Sri Wahyundari
Date Deposited: 25 Jul 2021 23:47
Last Modified: 25 Jul 2021 23:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7546

Actions (login required)

View Item View Item