Medayani, Ida Ayu Made (2021) PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713021013-COVER.pdf Download (715kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713021013-ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (376kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (980kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713021013-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan model guided inquiry based e-learning dan model direct based e-learning di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tabanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi (quasi-experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah one-way pretest-posttest non-equivalent control group design yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tabanan yang berjumlah 8 kelas dengan total anggota 289 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik random assignment dan terpilih X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan model guided inquiry based e-learning dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan model direct based e-learning. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir kritis pada materi usaha energi dan momentum impuls yang terdiri dari 18 butir soal essay. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) berbantuan SPSS. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang belajar menggunakan model guided inquiry based e-learning dengan siswa yang belajar menggunakan model direct based e-learning pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tabanan (F* = 411,453 dengan angka signifikansi 0,001). Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model guided inquiry based e-learning relatif lebih tinggi (M = 80,79; SD = 7,78) dibandingkan dengan kelas kontrol yang belajar dengan model direct based e-learning (M = 58,68; SD = 8,60). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran guided inquiry based e-learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Implikasinya, bahwa pembelajaran fisika akan menyediakan proses yang lebih baik untuk siswa dalam membangun kemampuan berpikir kritis jika menggunakan model guided inquiry based e-learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guided inquiry based e-learning, direct based e-learning, pembelajaran fisika, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Made Medayani |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 07:32 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 07:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7581 |
Actions (login required)
View Item |