Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar IPA

Darmadi, I Putu Irwan (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar IPA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413071025-COVER.pdf

Download (615kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413071025-ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413071025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413071025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413071025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413071025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413071025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413071025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413071025-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian pre-test post-test nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 255 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan kelas VII H sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Data penelitian ini adalah prestasi belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 butir pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Data prestasi belajar IPA siswa dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk mendiskripsikan perolehan gain score ternormalisasi prestasi belajar siswa, sedangkan statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji-t (independent sample t-test) dengan taraf siginfikan 0.05. kesimpulan hasil penelitian yaitu, terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang dibelajarakan menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Perolehan gain score ternormalisasi pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sebesar 0,41 dan siswa yang menggunakan pembelajaran Direct Instruction sebesar 0,18.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Direct Instruction, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: I Putu Irwan Darmadi
Date Deposited: 25 Oct 2019 01:33
Last Modified: 25 Oct 2019 01:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item