Korelasi antara Minat Belajar dan Kepribadian dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri di kota Negara

Putra, I Made Alit Adnyana (2021) Korelasi antara Minat Belajar dan Kepribadian dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri di kota Negara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021011-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713021011-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021011-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara: 1) minat belajar dengan prestasi belajar, 2) kepribadian dengan prestasi belajar, 3) minat belajar dan kepribadian secara simultan dengan prestasi belajar fisika. Prediktor dalam penelitian ini adalah minat belajar dan kepribadian, sedangkan kriteriumnya adalah prestasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan desain expost facto. Populasi penelitian ini sebanyak 382 siswa kelas X MIPA SMA Negeri di kota Negara. Sampel penelitian sebanyak 225 siswa diambil dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner minat belajar, kuesioner kepribadian, dan tes esai fisika yang sudah melalui tahapan uji validitas, dan reliabilitas. Reliabilitas kuesioner minat belajar, kepribadian, dan prestasi belajar fisika secara berturut-turut adalah 0,832 (sangat tinggi), 0,731 (tinggi), dan 0,880 (sangat tinggi). Metode statistik yang digunakan untuk analisis data adalah analisis korelasi product moment, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar (r = 0,406). Terdapat pula hubungan positif yang signifikan antara kepribadian dengan prestasi belajar (r = 0,374) . Kedua prediktor secara simultan juga menunjukkan hubungan positif yang signifikan dengan prestasi belajar fisika (r = 0,426). Pada penelitian ini juga diperoleh nilai sumbangan efektif untuk variabel minat belajar dengan kepribadian masing-masing sebesar 11,45% dan 6,73%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, kepribadian, prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Made Alit Adnyana Putra
Date Deposited: 27 Jul 2021 01:26
Last Modified: 27 Jul 2021 01:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7591

Actions (login required)

View Item View Item