Korelasi antara Self-Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri se-kecamatan Gerokgak

Efendi, Herlinda (2021) Korelasi antara Self-Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri se-kecamatan Gerokgak. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713021003-ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021003-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) korelasi antara self-efficacy terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri se-kecamatan Gerokgak, 2) korelasi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri se-kecamatan Gerokgak, 3) korelasi antara self-efficacy dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri se-kecamatan Gerokgak. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri se-kecamatan Gerokak yang berjumlah 193 siswa, sampel penelitian berjumlah 133 siswa, dengan pengambilan sampel dilakukan secara proporsional random sampling. Data self-efficacy dan motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, sedangkan tes prestasi belajar fisika digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Nilai koefisien reliabilitas kuisioner self-efficacy dan motivasi belajar siswa Masing-masing 0,613 dan 0,666 sedangkan untuk tes prestasi belajar sebsar 0,759. Uji asumsi yang dilakukan diantaranya uji normalitas sebaran data, linieritas dan keberartian arah regresi, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat: 1) korelasi positif antara self-efficacy dengan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 3,2%, 2) korelasi positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 4,5%, 3) korelasi positif antara self-efficacy dan motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 6,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self-efficacy, motivasi belajar, prestasi belajar fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Herlinda Efendi
Date Deposited: 27 Jul 2021 14:27
Last Modified: 27 Jul 2021 14:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7679

Actions (login required)

View Item View Item