NOPI SUMITIARI DEWI, NI MADE (2021) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI BANJAR TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061062-COVER.pdf Download (245kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061062-ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061062-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061062-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061062-LAMPIRAN.pdf Download (805kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keterterimaan (acceptability) buku panduan pembelajaran guided discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak kelompok B. Buku panduan ini merupakan instrumen bagi guru TK dalam meningkatkan keterampilan proses sains anak. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengikuti model pengembangan 4D yang yang terbatas hanya pada pengujian validasi isi. Lima orang pakar dan praktisi dilibatkan untuk menilai kelayakan buku panduan. Instrumen yang digunakan untuk penilaian terdiri dari 26 item yang mengacu pada keterterimaan buku panduan. Analisis hasil penelitian menggunakan formulasi perhitungan content validity ratio. Hasil analisis menunjukan validasi ahli buku panduan model pembelajaran guided discovery learning memiliki indeks validitas isi (CVI) sebesar 0,95 yang berarti sangat baik atau istimewa. Berdasarkan hasil tersebut maka buku panduan pembelajaran guided discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak kelompok B yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan sebagai instrumen dalam melaksanakan pembelajaran. Kata kunci: Guided discovery learning, keterampilan proses sains, R&D
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided discovery learning, keterampilan proses sains, R&D |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Made Nopi Sumitiari Dewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 02:24 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 02:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7785 |
Actions (login required)
View Item |