PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA

pardosi, lamtiur doniati (2021) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021021-COVER.pdf

Download (544kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713021021-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2 PENDAHULUAN)
1713021021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021021-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan medeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara yang belajar menggunakan model Quantum Learning dan yang belajar menggunakan model model konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 5 kelas (151 orang peserta didik) kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Singaraja Tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian adalah 2 kelas (54 siswa) yang diambil dengan teknik random assignment. Peserta didik yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah XI MIPA 3 dan kelompok kontrol XI MIPA 4. Data kemampuan berpikir kreatif dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir kreatif sebanyak 15 butir berbentuk esai dengan materi gelombang bunyi dan cahaya. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara yang belajar dengan model Quantum Learning dan yang belajar dengan model konvensional (F*= 30,437 dengan angka signifikansi 0,001). Kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang belajar menggunakan model Quantum Learning (M = 77,71; SD = 10,95 pada kategori baik) relatif lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar dengan model konvensional (M = 63,70; SD = 14,45 pada kategori cukup). Implikasinya, bahwa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika di SMA akan lebih baik jika menggunakan model Quantum Learning. Kata kunci: quantum-learning, konvensional kemampuan berpikir kreatif, pembelajaran fisika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: quantum-learning,konvensional kemampuan berpikir kreatif,pembelajaran fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Lamtiur Doniati Pardosi
Date Deposited: 27 Jul 2021 07:36
Last Modified: 27 Jul 2021 07:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7895

Actions (login required)

View Item View Item