Prawira, Bagus Yuda (2021) THE UTILIZATION OF SOCIAL MEDIA IN ENGLISH EDUCATION PROGRAM AT UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH JEMBER. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929081038-COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929081038-ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (259kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929081038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929081038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (494kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929081038-LAMPIRAN.pdf Download (835kB) |
Abstract
Survei deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi, motivasi, dan sikap pemanfaatan media sosial oleh mahasiswa sarjana bahasa inggris di Universitas Muhammadiyah Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah 190 mahasiswa sarjana bahasa inggris. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dianalisis dengan pertanyaan tertutup (close-ended questions). Hasil informasi demografis melalui via google form (https://bit.ly/3vtCCNW) menunjukkan bahwa WhatsApp adalah media sosial yang paling populer digunakan mahasiswa sarjana bahasa inggris di Universitas Muhammadiyah Jember, lalu dikuti dengan penggunaan YouTube, Instagram, dan platform media sosial lainnya. Sebagian besar mahasiswa sarjana bahasa Inggris menunjukkan; (1) persepsi yang baik mengenai persepsi tentang kegunaan dan kemudahan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa mahasiswa sarjana bahasa inggris sebagian besar menggunakan media sosial untuk berbagi dan memvalidasi informasi. Mereka menganggap media sosial berguna dalam aktivitas online mereka sehari-hari. (2) pengukuran motivasi menunjukan hasil yang sedang (moderate) yang diukur melalui indikator yang berhubungan dengan Hiburan, Utilitas Pribadi, Pencarian Informasi, Kenyamanan, Altruisme. Pengaruh hiburan di media sosial diindikasikan mampu mengalihkan perhatian mereka sehingga menyebabkan penurunan besar dalam perkembangan proses belajar mereka (3) sikap yang baik ditunjukan oleh sebagian besar mahasiswa sarjana bahasa Inggris yang setuju bahwa pembelajaran menjadi lebih interaktif melalui media sosial, serta berkomunikasi dengan dosen dan rekan-rekan mereka menjadi lebih mudah. Hasil dari penelitian tersebut menggambarkan kondisi dimana proses pembelajaran melalui media sosial harus lebih diperhatikan dan diprogram dengan baik sebagai pengalaman belajar mahasiswa sarjana bahasa inggris, jika tidak penggunaannya dapat menghambat kemajuan proses pembelajaran mereka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Survei, Media Sosial, Persepsi, Motivasi, Sikap |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | BAGUS YUDA PRAWIRA |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 13:25 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 13:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8051 |
Actions (login required)
View Item |