Darmiati, Ayu (2021) PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI SMPN 2 GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1514031012-cover.pdf Download (635kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1514031012-ABSTRAK.pdf.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1514031012-BAB I Pendahuluan.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1514031012-BAB II Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1514031012-BAB III Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1514031012-BAB IV Hasil Dan Pembahasn.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1514031012-BAB V Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1514031012-Daftar Pustaka.pdf Download (285kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1514031012-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan Untuk: (1)Mendeskripsikan Model Pembelajaran TGT yang diimplentasikan guru dalam pembelajaran IPS, (2) Menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa dikelas VII SMPN 2 Gerokgak antara kelas yang diberi perlakuan (dengan model pembelajaran TGT) dan yang tidak, dan (3)Menganalisis perbedaan hasil belajar dikelas VII SMPN 2 Gerokgak antara kelas yang diberi dan tidak diberikan perlakuan (dengan model pembelajaran TGT).. Berkenaan dengan itu penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen dengan Non Equivalent Post-Tes Only Control Grup Design.Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive random sampling.Pengumpulan data menggunakan metode pencatatan dokumen, observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Pengaplikasian model pembelajaran TGT dalam pembelajaran IPS berkualifikasi baik (skor 70- 80), (2) Terdapat perbedaan secara signifikan antara motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas control (thitung 7.46 > ttabel 1.99 dengan dk = 78 dan taraf signifikan 0.05), dan (3) Terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas control (thitung 3.51 > ttabel 1.99 dengan dk = 78 dan taraf signifikan 0.05). dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol.Berpijak hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemic, melihat nilai motivasi dan hasil belajar siswa model pembelajaran TGT bisa dilakukan dengan pembelajaran secara online menggunaan google classroom sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran TGT, Motivasi belajar, Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Ayu Diah Darmiati Ni Made |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 09:53 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 09:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8102 |
Actions (login required)
View Item |