PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MUATAN PEMBELAJARAN IPA TEMATIK SISWA KELAS V DI SD LABORATORIUM UNDIKSHA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Lilik Arianti, Ni Kadek (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MUATAN PEMBELAJARAN IPA TEMATIK SISWA KELAS V DI SD LABORATORIUM UNDIKSHA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031298-COVER.pdf

Download (704kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031298-ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031298-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031298-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031298-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031298-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031298-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031298-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031298-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan multimedia interaktif pada muatan pembelajaran IPA materi siklus air kelas V SD Laboratorium Undiksha tahun pelajaran 2020/2021 dilihat dari validitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan menggunakan model ASSURE. Langkah-langkah model ASSURE yaitu: (1) Analyze Learner, (2) State Objectives, (3) Select methods, media, and materials, (4) Utilize Media and Materials, (5) Require Learner Participation, serta (6) Evaluate and revise. Subjek penelitian ini terdiri dari ahli isi, ahli desain, ahli media dan uji coba perorangan serta kelompok kecil. Data kualitatif serta kuantitatif dikumpulkan pada penelitian kali ini. Rumus deskriptif persentase untuk mengetahui kualitas skor validitas media digunakan guna menganalisis data. Kualitas skor validitas multimedia interaktif dari segi ahli isi memperoleh tingkat persentase sebesar 90% dengan kualifikasi baik, dari segi ahli desain memperoleh tingkat persentase sebesar 92% dengan kualifikasi sangat baik, dari segi ahli media memperoleh tingkat persentase sebesar 91% dengan kualifikasi sangat baik, dari segi uji perorangan memperoleh tingkat persentase sebesar 92% dengan kualifikasi baik, dan dari segi uji kelompok kecil memperoleh tingkat persentase sebesar 92% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif untuk muatan pembelajaran IPA tematik pada siswa kelas V di SD Laboratorium Undiksha Tahun Pelajaran 2020/2021 dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, ASSURE, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Lilik Arianti
Date Deposited: 04 Sep 2021 02:09
Last Modified: 04 Sep 2021 02:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8214

Actions (login required)

View Item View Item