Rata Dewi, Ni Luh Wayan (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BERBASIS SOAL LITERASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III PADA TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031103-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031103-ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031103-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (396kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031103-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031103-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031103-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031103-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031103-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031103-LAMPIRAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype produk media fun thinkers berbasis soal literasi untuk siswa sekolah dasar kelas III pada tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Objek dalam penelitian ini adalah media fun thinkers berbasis soal literasi pada tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Subjek penelitian ini yaitu kelayakan media yang ditinjau dari validitas media fun thinkers berbasis soal literasi oleh 3 orang ahli materi soal dan 3 orang ahli media, serta penilaian respon terhadap media oleh 2 orang guru dan 10 orang siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Untuk mengukur validitas media menggunakan instrumen rating scale dengan rentang 5-1 yang diisi oleh tiga orang dosen sebagai ahli media dan tiga orang dosen sebagai ahli materi. Untuk mendapatkan respon guru dan respon siswa terhadap media menggunakan kuesioner (angket) yang diisi oleh dua orang guru dan sepuluh orang siswa kelas III. Data validitas yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus indeks Aiken’s V untuk mengukur koefisien validitas media. Mean merupakan analisis untuk mengetahui rata-rata skor respon praktisi dan respon siswa. Hasil analisis data validitas ahli media memperoleh nilai indeks Aiken’s V berkisaran antara 0,83-1, sedangkan ahli materi soal memperoleh nilai indeks Aiken’s V berkisaran antara 0,83-1. Secara keseluruhan validitas media dari segi ahli media dan ahli materi soal berada pada rentang V > 0, 80 dengan kategori sangat valid. Penilaian respon praktisi memperoleh rata-rata skor sebesar 5 dan penilaian respon siswa memperoleh rata-rata skor sebesar 4,81. Dengan begitu, secara keseluruhan penilaian respon praktisi dan respon siswa terhadap media berada pada rentang 4,01 < x < 5,01 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka media fun thinkers berbasis soal literasi untuk siswa sekolah dasar kelas III pada tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media, fun thinkers, literasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH WAYAN RATA DEWI |
Date Deposited: | 04 Sep 2021 02:20 |
Last Modified: | 04 Sep 2021 02:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8217 |
Actions (login required)
View Item |