PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MODEL KONSELING TRANSPERSONAL UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA SMA

Aridana, I Made Aditya (2021) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MODEL KONSELING TRANSPERSONAL UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711011002-COVER.pdf

Download (296kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711011002-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711011002-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan yang teruji valid dan efektif untuk mengukur karakter kemandirian siswa SMA. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan prosedur model pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu 4D (four-D), yang dimodifikasi menjadi 3D, meliputi define (pendfinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subyek pada penelitian pengembangan ini meliputi 5 ahli dalam bidang bimbingan kosengling yang terdiri dari 3 dosen dari bimbingan konseling dan 2 guru BK dari SMAN 1 Singaraja dan SMKN 1 Negara serta 15 sampel siswa kelas X SMA Negeri 1 Singaraja yang di ambil mengunakan metode simple random sampling. Kelayakan isi dari buku panduan di uji berdasarkan penilaian validitas oleh 5 ahli dan di uji menggunakan metode analisis CVR dan CVI .Uji coba efektifitas buku panduan di ujikan terhadap 15 siswa dalam dua tahap yaitu pre test dan post test yang di analisis menggunakan metode one paired sample t-test pada program SPSS versi 25.Hasil analisis dalam penelitian ini bahwa ; (1) hasil analisis CVR mendapatkan hasil bahwa semua butir aspek penilaian adalah ≥ 0,06 maka di nyatakan valid dan hasil analisis CVI mendapatkan hasil 1 yang > 0,05 maka di nyatakan indeks yang baik dan istimewa ,sehingga dapat di simpulkan bahwa isi dari buku panduan konseling transpersonal untuk mengembangkan karakter kemandirian siswa SMA adalah layak untuk di gunakan. (2) hasil analisis one paired sample t-test dengan SPSS 25 mendaptkan hasil bahwa nilai t-hitung yaitu 11,82 > nilai t-tabel 2,145 maka di simpulkan pengunaan buku panduan konseling transpersonal adalah efektif untuk mengembangkan karakter kemandirian siswa SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku panduan, transpersonal, karakter kemandirian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: I Made Aridana Aditya
Date Deposited: 04 Sep 2021 02:44
Last Modified: 04 Sep 2021 02:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8223

Actions (login required)

View Item View Item