Jummita, - (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BERBASIS SOAL CALISTUNG UNTUK SISWA SD KELAS 1 PADA TEMA 7 BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031068-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031068-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (444kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031068-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031068-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031068-LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) validitas media fun thinkers berbasis soal calistung untuk siswa SD kelas 1 pada tema 7 benda, hewan dan tanaman di sekitarku yang sudah teruji validitasnya dan (2) mengetahui respon praktisi/guru dan siswa terhadap media fun thinkers berbasis soal calistung untuk siswa SD kelas 1 pada tema 7 benda, hewan dan tanaman di sekitarku. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi, namun pada tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena adanya kerterbatasan dari segi waktu, finansial, tenaga dan sumber daya. Adapun subjek penelitian ini adalah pengembangan media fun thinkers berbasis soal calistung untuk siswa SD kelas 1 pada tema 7 benda, hewan dan tanaman di sekitarku. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner yang diberikan kepada dua dosen sebagai ahli, dua orang guru dan siswa (uji kelompok kecil) yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dilakukan uji validitas yang dihitung menggunakan rumus mean yang dikonverensikan ke dalam kriteria penilaian validitas dan reliabilitasnya menggunakan percentage of agreement. Sedangkan uji respon guru dan siswa menggunakan rumus deskriptif presentase. Hasil analisis yang diperoleh: (1) hasil uji ahli materi soal diperoleh rata-rata 4,63 dengan kualifikasi sangat valid dengan persentase 93% dengan kualifikasi reliabel, (2) hasil uji ahli media diperoleh rata-rata 4,82 dengan kualifikasi sangat valid dengan persentase 96% dengan kualifikasi reliabel, (3) hasil respon praktisi diperoleh persentase 97% dengan kualifikasi sangat baik dan (4) hasil respon siswa diperoleh persentase 99% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media fun thinkers, Calistung, Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Jummita |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 10:22 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 10:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8230 |
Actions (login required)
View Item |