PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Wangi, Ni Nengah Ayu (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031177-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031177-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031177-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (474kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031177-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031177-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031177-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031177-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031177-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031177-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan video pembelajaran dan menghasilkan produk video pembelajaran yang telah teruji validitasnya. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Akan tetapi tahap evaluasi tidak dilaksankan karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pencatatan dokumen, observasi, dan kuesioner. Sedangkan instrument yang digunakan adalah kuesioner, observasi, wawancara, dan pencatatan dokumen. Subjek uji coba terdiri dari uji ahli, desain pembeljaran, media pembelajaran, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Data hasil validitas dari para ahli kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase skala 5 untuk mengetahui rata-rata skror validitas video pembelajaran. Hasil review ahli isi materi memperoleh hasil 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh hasil 89,09% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh hasil 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba produk melalui uji coba perorangan memperoleh hasil 98,6% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh hasil 98,66% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review menunjukkan bahwa media video pembelajaran valid dan layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video, pembelajaran, model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nengah Ayu Wangi
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:15
Last Modified: 22 Sep 2021 02:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8245

Actions (login required)

View Item View Item